Minggu, 18 April 2010

ARTIKEL PEMBELAJARAN JARIMATIKA DI SD

ARTIKEL PEMBELAJARAN JARIMATIKA DI SD
A. Latar Belakang Masalah
Banyak orang yang memandang matematika sebagai bidang studi yang paling sulit. Meskipun demikian, semua orang harus mempelajarinya karena merupakan sarana untuk memecahkan masalah kehidupan sehari-hari.
Salah satu materi yang diajarkan di sekolah dasar adalah operasi perhitungan yang merupakan dasar artimatika. Namun menjelaskan perkalian agar siswa mudah memahami dan terampil menentukan hasil kalinya, sampai kini menjadi permasalahan. Strategi mengajarkan perkalian dengan menggunakan arti perkalian, yaitu penjumlahan berulang masih belum memaksimalkan keterampilan siswa untuk menentukan hasil-hasil perkalian secara cepat dan tepat.
Berdasarkan uraian di atas, penulis akan melakukan penelitian dengan teknik menggunakan jari tangan untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian dengan menggunakan teknik jarimatika pada siswa kelas IV SD Negeri 050661 Rantau Selatan.

B. Identifikasi Masalah
1. Kesulitan yang dialami siswa dalam pengerjaan soal-soal hitung perkalian
2. Rendahnya prestasi belajar siswa dengan menyelesaikan soal-soal hitung perkalian

C. Batasan Masalah
Sesuai dengan judul penelitian dan penjelasan latar belakang masalah maka penulis membatasi penelitian ini dengan supaya tidak terjadi penyimpangan atau perluasan yang tidak dibahas maka dilakukan pembatasan yaitu : Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Hitung Perkalian Dengan Menggunakan Teknik Jarimatika.

D. Rumusan Masalah
1. Kesulitan yang dialami oleh siswa dalam pengerjaan soal-soal matematika hitung perkalian.
2. Bagaimana prestasi belajar siswa dalam hitung perkalian dengan menggunakan teknik jarimatika.

E. Tujuan Penelitian
1. Untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam pengerjaan soal-soal matematika dalam hitungan perkalian.
2. Untuk menerapkan penggunaan teknik jarimatika dalam hitung perkalian sehingga prestasi belajar siswa meningkat.
3. Untuk mempermudah guru dalam menyampaikan materi perkalian demi menciptakan suasana belajar menyenangkan.



F. Manfaat Penelitian
1. Bahan informasi kepada guru tentang belajar mengajar siswa di SD Negeri 050661 Rantau Selatan T.P. 2010-2011.
2. Sebagai masukan kepada guru agar dapat memilih teknik pelajaran yang tepat dalam pembelajaran matematika khususnya pada pokok bahasan hitung perkalian.
3. Bagi siswa melalui penerapan teknik jarimatika diharapkan kemampuan berhitung siswa dapat meningkatkan dan lebih berpikir positif terhadap matematika.














BAB II
LANDASAN TEORI

A. Kerangka Teoritis
1. Pengertian prestasi belajar
2. Kemampuan belajar matematika
3. Pengertian belajar matematika
4. Behitung perkalian
5. Metode teknik permainan jarimatika

B. Kerangka Konseptual
Metamatika merupakan mata pelajaran pondasi awal pembentukan logika anak dalam berhitung, tapi kebanyakan orang memandang matematika sebagai bidang studi yang paling sulit. Kebanyakan yang menjadi permasalahan di sekolah adalah tentang operasi perhitungan dalam perkalian. Jadi dalam meningkatkan dan menarik minat siswa terhadap pelajaran matematika seorang guru harus berupaya meningkatkan prestasi belajar siswa dalam hitung perkalian dengan menggunakan teknik jarimatika pada siswa tersebut.

C. Hipotesis
Ho : Tidak ada hubungan Prestasi Belajar Siswa Dalam hitung perkalian dengan menggunakan teknik jarimatika.
Ha : Ho : Adanya hubungan upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dalam hitung perkalian dengan menggunakan teknik jarimatika.
BAB III
METODE PENELITIAN

A. Lokasi dan Waktu Penelitian
Tempat dilakukannya penelitian ini adalah di SD Negeri 050661 Rantau Selatan. Waktu penelitian bulan Juli 2009 sampai bulan Agustus 2009.

B. Subjek dan Objek Penelitian
1. Subjek Penelitian
Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 050661 Rantau Selatan yang berjumlah 210 orang. Karena peneliti ingin mengetahui kemampuan dasar dalam hitung perkalian siswa.

2. Objek Penelitian
Seluruh siswa SD Negeri 050661 Rantau Selatan T. P 2010 - 2011.

C. Variabel Penelitian
1. Variabel bebas (x) dalam penelitian ini pengajaran dengan menggunakan teknik jarimatika.
2. Variabel terikat (y) dalam penelitian adalah prestasi belajar matematika siswa pada materi berhitung perkalian.

D. Instrumen Penelitian
1. Lembar Observasi, Observasi untuk mengamati seluruh kegiatan dan perubahan saat pemberian tindakan.
2. Tes Hasil Belajar, Tes yang digunakan adalah tes tertulis bentuk uraian yang disesuaikan dengan kurikulum.

E. Teknik Analisa Data
1. Uji Validitas

x = Skor butir
y = Skor total butir
N = Jumlah sampel
2. Normalitas

3. Uji Homogenitas

4. Siklus

F. Penguji Hipotesis
1. Siklus I
a. Perencanaan
Semua tim penelitian secara kolaboratif menyiapkan materi bahan yang harus dikerjakan secara berkelompok yaitu dengan membuat lembar kerja siswa tentang berhitung perkalian.
b. Tindakan
2. Guru menentukan suatu poko bahasan yang akan disajikan kepada siswa.
2. Guru menjelaskan kepada siswa tentang diterapkannya model pembelajaran kooperatif dalam suatu kelompok

c. Pengamatan
Mengamati aktifitas siswa dalam belajar, diskusi dengan seseama anggota kelompok, serta keberanian suswa untuk mengemukakan pendapat dalam kelompok.

d. Refleksi
Mengavaluasi semua aktivitas pada siklus I, Pertemuan I yang sudah berjalan untuk memperbaiki kegiatan pada pertemuan ke II.

2. Siklus II
a. Perencanaan
Semua tim penelitian secara kolaboratif menyiapkan materi bahan yang harus dikerjakan secara berkelompok yaitu dengan membuat lembar kerja siswa tentang berhitung perkalian.

b. Tindakan
1. Guru menentukan suatu poko bahasan yang akan di sajikan kepada siswa.
2. Guru menjelaskan kepada siswa tentang diterapkannya model pembelajaran kooperatif dalam suatu kelompok

c. Pengamatan
Mengamati aktifitas siswa dalam belajar, diskusi dengan seseama anggota kelompok, serta keberanian suswa untuk mengemukakan pendapat dalam kelompok.

d. Refleksi
Mengavaluasi semua aktivitas pada siklus II, Pertemuan I yang sudah berjalan untuk memperbaiki kegiatan pada pertemuan ke II.





















UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM HITUNG PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN TEKHNIK JARIMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 050661 RANTAU SELATAN
TAHUN PELAJARAN 2010-2011

2 komentar:

  1. Aq bingung nich....??????
    Jarimatika termasuk metode atau teknik yach??
    Klau pendapatmu jarimatika tu t'masuk teknik tolong dong ksh tau sumbernya!!!
    Soalnya klau b'dasarkan info yg aku dpt dr internet dmn aq bk dipencetusnya tu jarimatika,jarimatika termasuk metode bkn teknik!!
    pleace yach bantuannya,klau bs yg lgkap.....
    Thank's ^_^

    BalasHapus
  2. Pengen tahu lagu buat latihan JARIMATIKA…??? Anak-Anak PAsti Suka Lagu Ini….. Silakan klik:
    http://lagu2anak.blogspot.com/2010/11/jari-perkalian-lagu-anak-karya-kak-zepe.html?utm_source=BP_recent

    BalasHapus